Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Keaktifan Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD

Gratis PTK

Gratis PTK - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keaktifan peserta didik dalam menggunakan model pembelajaran discovery learning pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Swasta Katolik Assisi Tahun Ajaran 2022/2023. Model Pembelajaran discovery learning adalah suatu model pembelajaran untuk mengembangkan cara belajar siswa aktif dengan menemukan sendiri, menyelidiki sendiri, maka hasil yang diperoleh akan setia dan tahan lama dalam ingatan, tidak akan mudah dilupakan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan desain quasi eksperimen. 

Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah seluruh siswa SD Swasta Katolik Assisi Kecamatan Medan Tuntungan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Berdasarkan penelitian diketahui hasil uji hipotesis yang diperoleh posttest 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 lebih besar dari nilai 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 (273,44>17,88) yang artinya 𝐻𝑜 Ditolak dan 𝐻𝑎 diterima. 

Maka kesimpulan penelitian ini adalah ada pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap
keaktifan peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Swasta Katolik Assisi Kecamatan Medan Tuntungan Tahun Ajaran 2022/2023.

TARIGAN, ALVIANDA, 1905030010 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD SWASTA KATOLIK ASSISI KEC. MEDAN TUNTUNGAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

Baca Juga :
--- Gratis PTK ---

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak