Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Pada Pembelajaran Biologi Terhadap Sikap Peserta Didik Di Kelas X SMA

Gratis PTK

Gratis PTK - Penelitian ini untuk mengetahui apakah penerapan model Discovery Learning pada pembelajaran biologi berpengaruh terhadap sikap peserta didik di kelas X SMA Negeri 1 Ranau Tengah Kabupaten OKU Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan desain nonequivalent control group design. Instrumen penelitian berupa angket sikap peserta didik, dan lembar
penilaian kompetensi afektif p eserta didik. 

Hasil penelitian diperoleh rata-rata skor posttest di kelas eksperimen sebesar 78,69 terkategori sikap positif dan ratarata skor posttest di kelas kontrol sebesar 68,05 terkategori sikap negatif. Peningkatan sikap peserta didik dari skor pretest dan postest dapat dilihat dari nilai hasil indikator sikap tertinggi dimana kelas eksperimen memiliki nilai persentase sebesar 85,3% terkategori tinggi dan kelas kontrol memiliki nilai persentase sebesar 78% terkategori sedang. 

Perhitungan skor lembar penilaian kompetensi peserta didik kelas eksperimen memperoleh nilai 75 terkategori baik dan kelas kontrol memperoleh 66 terkategori cukup baik, uji Paired sample T Test dan Independent Sample T-Test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari nilai alfa sebesar 0,05 (sig < 𝛂). Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh sikap peserta didik yang diajar menggunakan model Discovery Learning pada pembelajaran biologi.

Peneliti : Wulandari, Resti (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI TERHADAP SIKAP PESERTA DIDIK DI KELAS X SMA NEGERI 1 RANAU TENGAH KABUPATEN OKU SELATAN. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

Baca Juga :
--- Gratis PTK ---

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak