Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik

Gratis PTK

Gratis PTK - Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi kesulitan belajar pada mata pelajaran ekonomi dan untuk menentukan uapaya yang harus dilakukan sekolah untuk menanggulangi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI IPS SMA Negeri 25 Bandung.
 
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriftif analisis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 25 Bandung sebanyak 75 orang yang diambil secara acak. Data faktor kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi diperoleh dari penyebaran angket dan wawancara yang dilakukan kepada siswa. 

Analisis data yang digunakan adalah analisis data melalui perhitungan rata-rata (mean) skor dengan bantuan SPSS release 21.0 for Windows. Hasil penelitian faktor kesulitan belajar siswa yang disebabkan oleh faktor internal berada dalam kriteria cukup baik dan faktor kesulitan belajar yang disebabkan oleh faktor eksternal berada dalam kriteria baik. 

Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan maka diperoleh hasil penelitian menunjukan, rata-rata tafsiran persentase 66,3% menyatakan bahwa faktor ksulitan belajar disebabkan oleh faktor internal dan rata-rata tafsiran persentase 73,3% menyatakan bahwa faktor eksternal bukan merupakan faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa. Adapun upaya penanggulangan yang bisa dilakukan oleh pihak sekolah yaitu memberi motivasi belajar kepada siswa agar terguguah untuk mau belajar sendiri.

Kesimpulan penelitian dapat diterima sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran agar pihak sekolah dan guru mengerti bahwa setiap siswa mengelami kesulitan belajar dengan berbagai faktor yang menyertainya. Maka dari itu, pihak sekolah dan guru harus lebih mampu mendekatkan diri kepada para siswa agar bisa mencari jalan yang efektif dalam proses pembelajran sehingga tujuan dari pembelajran tersebut akan tercapai.

Peneliti : DWI FITRIANI HIDAYAT, 125020038 (2016) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Kasus Mata Pelajaran Ekonomi Sub Materi Ketenagakerjaan di kelas XI IPS SMA Negeri 25 Bandung Semester Ganjil Tahun Ajaran 2016-2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

Baca Juga :
--- Gratis PTK ---

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak