ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) BERBASIS KARAKTER GOTONG ROYONG PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SD

Gratis PTK

Gratis PTK - Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menjelaskan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan karakter gotong royong yang dihasilkan peserta didik melalui pembelajaran menggunakan model PjBL. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, jenis penelitian deskrisptif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Pendem 01 yang berfokus pada guru kelas IV dan peserta didik kelas IV. 

Dalam pelaksanaannya peneliti melakukan kegiatan observasi, wawancara dan dokumentasi dalam memperoleh data. Analisis data penelitian melalui tiga tahap yaitu data reduksi, data diplay, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan dua teknik yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik.

Hasil penelitian yang diperoleh yaitu diketahui di kelas IV di SDN Pendem 01 menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada pembelajaran. Model pembelajaran PjBL memiliki 6 langkah pembelajaran yaitu : 1) penentuan proyek, 2) perencanaan terkait cara pengerjaan proyek, 3) penyusunan langkah-langkah penyelesaian proyek, 4) mengontrol perkembangan proyek peserta didik, 5) penyusuanan laporan dan presentasi hasil proyek yang sudah dibuat, 6) evaluasi pengalaman belajar yang diperoleh peserta didik. 

Dalam penelitian ditemukan bahwasannya guru merapkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) sesuai dengan 6 langkah-langkah model pembelajaran PjBL.Karakter gotong royong yang dihasilkan peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) memiliki 8 indikator yaitu 1) menghargai sesama, 2) inklusif, 3) kerja sama, 4) solidaritas, 5) musyawarah mufakat, 6) tolong menolong, 7) komitmen, 8) anti diskriminasi.

Link File : https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/339
Peneliti : Damayanti, Safira Fitri (2023) ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) BERBASIS KARAKTER GOTONG ROYONG PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI PENDEM 01. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Malang.

Baca Juga :

--- Gratis PTK ---

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak