IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DENGAN PENDEKATAN CHEMOENTREPRENEURSHIP (CEP) UNTUK MENINGKATKAN MINAT WIRAUSAHA SISWA PADA MATERI HIDROKARBON

Gratis PTK

Gratis PTK - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat berwirausaha siswa. Penelitian dilakukan dengan metode quasi eksperimen design melalui time series design, yang dilakukan pada kelas XI IPA di MA Miratul Muslimien Grobogan tahun ajaran 2018/2019. Subjek penelitian ini berjumlah 16 siswa.

Analisis data angket sebelum dan sesudah pembelajaran project based learning (PjBL) dengan pendekatan chemoentrepreneurship (CEP) tiap pertemuan dilakukan untuk mengetahui minat berwirausaha siswa.

Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal. Uji hipotesis dilakukan dengan uji independent sample t-test melalui software SPSS versi 16.0 dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hasil uji hipotesis minat berwirausaha siswa menunjukkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan minat berwirausaha antara sebelum dan sesudah pelaksanaan. 

Sedangkan nilai rata-rata effect size yang diperoleh sebesar 81% dan termasuk dalam kriteria tinggi. Artinya terdapat pengaruh antara sebelum dan setelah dilaksanakan pembelajaran. Sedangkan nilai rata-rata dari tiga pertemuan yang telah dilakukan sebesar 71,45% yang berada pada kategori direkomendasikan untuk digunakan.

Kesimpulan pada penelitian ini adalah model pembelajaran Project Based Learning dengan pendekatan Chemoentrepreneurship dapat meningkatkan minat wirausaha siswa dan direkomendasikan untuk digunakan dalam meningkatkan minat wirausaha siswa.Nilai rata-rata dari tiga pertemuan yang telah dilakukan sebesar 71,45% yang berada pada kategori direkomendasikan untuk digunakan. 

Kesimpulan pada penelitian ini adalah model pembelajaran project based learning dengan pendekatan chemoentrepreneurship dapat meningkatkan minat berwirausaha siswa dan direkomendasikan untuk digunakan dalam meningkatkan minat berwirausaha siswa.

Peneliti : INAYAH, LAILI, B2C014012 (2019) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DENGAN PENDEKATAN CHEMOENTREPRENEURSHIP (CEP) UNTUK MENINGKATKAN MINAT WIRAUSAHA SISWA PADA MATERI HIDROKARBON. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis

Baca Juga :

--- Gratis PTK ---

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak