Kesiapan Sekolah dalam Mengimplementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembentukan Karakter Religius di SMP

Gratis PTK

Gratis PTK - Karakter Religius Kurikulum Merdeka Belajar dikembangkan sebagai kerangka  kurikulum yang lebih fleksibel, sekaligus berfokus pada materi esensial danpengembangan karakter dan kompetensi peserta didik. 

Karakteristik utama dari kurikulum ini yangmendukung pemulihan pembelajaran adalah (1) Pembelajaran berbasis projek untuk pengembangan soft skills dan karakter sesuai profil pelajar Pancasila (2) Fokus padamateri esensial sehingga ada waktu cukup untuk pembelajaran yang mendalam bagi kompetensi dasar seperti literasi dan numerasi.

Pendidikan karakteradalah pendidikan untuk “membentuk kepribadian sesorang melalui pendidikan budi pekerti, yang hasilnya terlihat dalam tindakan nyata seseorang , yaitu tingkahlaku yang baik, jujur, bertanggung jawab, menghormati hak orang lain, kerja kerasdan sebagainya.

Dari uraian diatas, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut (1) Bagaimana kesiapan sekolah dalam mengimplementasi kurikulum merdeka belajar penguatan karakter religius siswa (2) Bagaimana dampak kesiapansekolah dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar pada penguatan karakter religius.

Dalam penelitian ini digunakan jenis penelitian kualitatif. Pendekatan yang dipakai berupa penelitian lapangan (field reseach). Pelaksanaan penelitian ini di SMP Plus Darus Salamkecamatan Pesantren kotaKediri. Data tersebut berasal dari naskah wawancara, catatan lapangan, foto, video tape, dokumen pribadi, catatan atau memo, dan dokumen resmi lainnya.

Hasil penelitian, yaitu: (1) usaha sekolah dalam pembentukan karakter religius pada kurikulum merdeka yaitu dengan membuat agenda seperti contoh sholat dhuha berjama’ah, istighosah setiap hari kamis, dan muroja’ah sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai. Sekolah dalam menerapkan program tersebut menggunakan metode pembiasaan agar peserta didik terbiasa melakukannya tanpatekanan ataupun paksaan (2) Pembentukan karakter religius pada peserta didik berdampak positif, siswa lebih betanggung jawab dengan tugasnya sebagai pesertadidik dan lebih disiplin terhadap waktu.

Peneliti : Nabahah, Zahro Amirotun (2023) Kesiapan Sekolah dalam Mengimplementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembentukan Karakter Religius di SMP Plus Darus Salam kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti.

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak