Kesulitan Belajar Ekonomi Ditinjau dari Lingkungan Sekolah dan Motivasi Belajar pada Siswa Kelas XI SMA

Gratis PTK

Gratis PTK - Tujuan penelitian ini untuk mengetahui:1) Untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah terhadap kesulitan belajar ekonomi pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Wonogiri. 2) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap kesulitan belajar ekonomi pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Wonogiri. 3) Untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah dan motivasi belajar terhadap kesulitan belajar ekonomi pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Wonogiri.

Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Wonogiri sebanyak 163 siswa. Sampel diambil sebanyak adalah 110 siswa dengan teknik proposional random sampling dengan cara undian. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diuji cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, uji R2 dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 44,210 + 0,540X1 + 0,684X2. 

Persamaan menunjukkan bahwa kesulitan belajar ekonomi dipengaruhi oleh lingkungan sekolah dan motivasi belajar. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Lingkungan sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap terhadap kesulitan belajar ekonomi pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Wonogiri. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 5,573 > 2,000 dan nilai probabilitas < 0,05, yaitu 0,000. 2) Motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap terhadap kesulitan belajar ekonomi pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Wonogiri. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 10,945 > 2,000 dan nilai probabilitas < 0,05, yaitu 0,000. 3) Lingkungan sekolah dan motivasi belajar secara bersama - sama berpengaruh positif terhadap terhadap kesulitan belajar ekonomi pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Wonogiri. Berdasarkan hasil uji keberartian regresi linear ganda (uji F) diketahui Fhitung > Ftabel, yaitu 78,637 > 3,150 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4)

Variabel lingkungan sekolah memberikan sumbangan efektif 13,1%. Variabel motivasi belajar memberikan sumbangan efektif 46,4%. sehingga total sumbangan efektif kedua variabel sebesar 59,5%, sedangkan 40,5% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Peneliti : Indrawati, Novita and -, Drs. Sami'an, M.M (2018) Kesulitan Belajar Ekonomi Ditinjau dari Lingkungan Sekolah dan Motivasi Belajar pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Wonogiri Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Baca Juga :
--- Gratis PTK ---

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak