Penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbasis STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik : Penelitian kuasi eksperimen di kelas VIII SMP

Gratis PTK

Gratis PTK - Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran PjBL berbasis STEM. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain non-equivalent control group design. Subjek dari penelitian ini yaitu kelas VIII A sebanyak 12 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebanyak 13 peserta didik sebagai kelas kontrol di SMP Negeri 01 Cikijing. Instrumen yang digunakan yaitu tes dan non tes. 

Hasil penelitian ini yaitu: (a) Tidak terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif antara peserta didik yang menggunakan model pembelajaran PjBL-STEM dan konvensional. (b) Terdapat perbedaan pencapaian yang sigifikan antara peserta didik berdasarkan kategori PAM. (c) Pada kelas eksperimen (59%) peserta didik memberikan sikap positif terhadap model pembelajaran PjBL berbasis STEM, serta presentase sikap peserta didik kelas kontrol (62,50%) memberikan sikap postif terhadap model pembelajaran konvensioanal.

Link File : https://etheses.uinsgd.ac.id/45918
Peneliti : Amini, Nuri Krisdayani (2021) Penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbasis STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik : Penelitian kuasi eksperimen di kelas VIII SMP Negeri 1 Cikijing. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Baca Juga :

--- Gratis PTK ---

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak