PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN SCAFFOLDING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK AL-ISLAM JORESAN

Gratis PTK

Gratis PTK - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran project based learning dengan scaffolding yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas X SMK Al-Islam Joresan. Dimana kemampuan pemecahan masalah itu termasuk dalam standar NCTM dan setiap siswa diharuskan memiliki kemampuan pemecahan masalah matematika tersebut.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dengan 2 siklus yang terdiri dari dua pertemuan tiap siklusnya. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Al-Islam Joresan pada tahun pelajaran 2022/2023. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran guru dan observasi aktivitas siswa, serta tes. 

Penelitian dilaksanakan dengan langkah-langkah pengenalan masalah guru, penyusunan rancangan project guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok serta menyusun rencana kerja berupa timeline dan deadline penyelesaian project. Siswa mulai berdiskusi untuk mengerjakan proyek dengan guru yang selalu memonitor pengerjaan siswa dan memberikan scaffolding berupa environmental provisions, explaining, reviewing, restructuring, dan developing conceptual thinking. Setelah proyek selesai dikerjakan siswa mempresentasikan hasilnya dan guru memberikan evaluasi serta refleksi.

Hasil dari penelitian yang dilakukan yakni pada siklus I hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa menunjukkan bahwa 3 siswa mencapai indikator keberhasilan dengan kriteria baik. Dilakukan perbaikan pada siklus II dengan hasil tes menunjukkan bahwa 24 siswa sudah mencapai indikator keberhasilan dengan kriteria baik dan sangat baik. Sedangkan hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran oleh guru untuk siklus I pertemuan satu dan dua sebesar 83.3% dan 87.5%, hasil tersebut meningkat pada siklus II pertemuan satu dan dua menjadi 95.8% dan 100%. Untuk hasil observasi aktivitas siswa untuk siklus I pada pertemuan satu dan dua sebesar 72% dan 76%, hasil tersebut meningkat pada siklus II pertemuan satu dan dua sebesar 84% dan 92% dengan kategori sangat baik. Oleh karena itu, penerapan model pembelajaran project based learning dengan scaffolding ini dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.

Peneliti : Wulandari, Niken Sitoresmi (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN SCAFFOLDING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK AL-ISLAM JORESAN. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Djati Bandung.

Baca Juga :

--- Gratis PTK ---

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak