PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV MIN

Gratis PTK

Gratis PTK - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar IPS peserta didik. Penelitian ini dilakukan di MIN 9 Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen tipe nonequivalent control group design dengan  teknik pengambilan sampel simple random sampling. 

Desain penelitian ini mengambil dua kelompok subjek dari populasi meliputi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes objektif (pretest dan posttest) dan dokumentasi. Uji hipotesis penelitian menggunakan uij t, sebelum dilakukan uji t data diuji prasyarat analisisnya terlebih dahulu yaitu dengan menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas.

Berdasarkan hasil perhitungan program IBM SPSS Statistics v.20 for windows yang menggunakan analisis Uji t untuk sampel yang berasal dari distribusi yang berbeda Independent samples test. Hasil perhitungan data menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) = 0,000 sedangkan sig 0.05 (0.000 < 0.05) maka ditolak, dan diterima, dengan perbandingan rata-rata dikelas eksperimen 81,32 dan rata-rata kelas
kontrol 71.19 yang berarti dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar IPS peserta didik kelas IV MIN 9 Bandar Lampung. 

Peneliti : Ayukanti, Sefta (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV MIN 9 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

--- Gratis PTK ---

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak