PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) MELALUI PENGGUNAAN UNIT KEGIATAN BELAJAR MANDIRI (UKBM) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KOLOID DI MAN

Gratis PTK

Gratis PTK - Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar kimia siswa MAN 3 Pekanbaru pokok bahasan Koloid masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) melalui penggunaan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) terhadap pokok bahasan koloid kelas XI di MAN 3 Pekanbaru, penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan pretest-posttest. 

Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI Mia 1 dan XI Mia 2, dimana kelas XI 2 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional dan kelasXI Mia 1 sebagai kelas eksperimendengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) melalui Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM). 

Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan uji homogenitas sebagai data awal pada materi sebelumnya, pretest dan posttest sebagai data akhir dan dokumentasi. Analisis data akhir pada penelitian ini menggunakan uji “t”. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 2,57 pada taraf signifikan 5% diperoleh ttabel = 2,01, menunjukkan bahwa thitung ≥ ttabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) melalui penggunaan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) terhadap hasil belajar kimia siswa di MAN 3 Pekanbaru, dan untuk koefisien pengaruh yaitu sebesar 12%. 

Peneliti : Neka Firda Madiastuty, - (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) MELALUI PENGGUNAAN UNIT KEGIATAN BELAJAR MANDIRI (UKBM) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KOLOID DI MAN 3 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Baca Juga :

--- Gratis PTK ---

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak