Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Project Based Learning (PJBL) Kelas IV SD

Gratis PTK

Gratis PTK - Pembelajaran yang dilaksanakan di SDN 2 Kepatihan Tirtoyudo Malang telah menggunakan kurikulum merdeka dari kelas I hingga kelas IV. Proses pembelajaran yang dilakukan didalam kelas mengandalkan penjelasan dari guru, peserta didik menyimak kemudian mencatatnya, bahan ajar LKPD berisikan soalsoal evaluasi tidak ada kegiatan yang melibatkan peserta didik. 

Sehingga peserta didik kurang aktif dan pemahaman materi kurang maksimal. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengembangkan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis Project Based Learning (PJBL) kelas IV SD pada mata Pelajaran IPAS.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan model ADDIE yang memiliki beberapa tahapan yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), evaluation (evaluasi). Sebagai sumber data, dipilih peserta didik kelas 4 di SDN Kepatihan 2 yang berjumlah 13 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan tanggal 10 Agustus 2023 – 16 Agustus 2023. Hasil penelitian ini menghasilakan bahan ajar LKPD berbasis PJBL kelas IV SD. 

Peneliti sudah melakukan validasi materi dan media, valiadasi materi dilakukan sebanyak dua kali, valiadasi materi pertama mendapatkan presentase berjumlah 72% kemudian tahap kedua validasi materi memperoleh presentase berjumlah 86%. Validasi media juga dilakukan sebanyak dua kali, validasi media tahap pertama mendapatkan presentase berjumlah 63% kemudian pada tahap kedua validasi media memperoleh presentase berjumlah 93%

Link File : https://etheses.iainkediri.ac.id/10451
Peneliti : Islam, Aisyah Nur Wiji (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PJBL) KELAS IV SD. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Malang.

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak