Peran Kompetensi Sosial Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Film Burakkuboodo Season 3 Karya Sutradara Hirano Shunichi

Gratis PTK

Gratis PTK - Setiap siswa dalam melakukan kegiatan belajar terkadang tidak selalu lancar sesuai dengan apa yang diinginkan. Terkadang hal tersebut terjadi karena mereka mengalami kesulitan atau hambatan dalam proses pembelajaran. Hal inilah yang menuntut guru agar memiliki kompetensi sosial sehingga dapat dijadikan teladan oleh siswanya. 

Contohnya, kompetensi sosial guru yang tercermin dalam film Burakkuboodo season 3 Karya Sutradara Hirano Shunichi. Dalam film tersebut diceritakan tentang perjuangan seorang guru bernama Takizawa Sensei dalam mendidik serta membimbing siswanya yang memiliki sikap pemberontak dan mengalami kesulitan belajar. 

Oleh karena itu, dengan adanya hubungan antara kompetensi sosial guru dengan kesulitan belajar, peneliti mengadakan studi tentang peran kompetensi sosial guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada film Burakkuboodo season 3 karya sutradara Hirano Shunichi. Adapun penelitian ini bertujuan untuk membahas 2 fokus penelitian yaitu 1) Kesulitan belajar yang terjadi pada Omiya Masaki dan 2) Peran kompetensi sosial guru yang dimiliki Takizawa Momoko dalam mengatasi kesulitan belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode observasi non partisipan. 

Adapun teori yang peneliti jadikan acuan adalah 1) Teori Abdurrahman mengenai kesulitan belajar, dan 2) Teori Cece Wijaya mengenai peran kompetensi sosial guru Hasil studi menunjukkan bahwa : 1) Kesulitan belajar yang terjadi dalam diri Omiya Masaki meliputi disleksia (kesulitan membaca), disgrafi (kesulitan menulis), dan diskalkulia (kesulitan berhitung). 2) Peran kompetensi sosial guru dalam diri Takizawa Sensei meliputi komunikasi dengan peserta didik, dan orangtua/ wali peserta didik; bergaul dengan sesama pendidik; bekerja sama dengan dewan pendidikan/ komite sekolah; dan simpatik dengan peserta didik. 

Peran tersebut memberikan dampak positif terhadap Omiya yang awalnya tidak bisa membaca, menulis dan berhitung, sedikit demi sedikit dapat mengatasi permasalahan tersebut.

Peneliti : Putri, Reva Adhana (2017) Peran Kompetensi Sosial Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Film Burakkuboodo Season 3 Karya Sutradara Hirano Shunichi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Baca Juga :
--- Gratis PTK ---

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak