Studi Kasus Kesulitan Belajar Membaca, Menulis, Dan Berhitung Pada Siswa Kelas I SD

Gratis PTK

Gratis PTK - Kesulitan belajar merupakan ketidakmampuan yang dialami olehseseorang dalam menerima ilmu pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar membaca, menulis, dan berhitung yang dialami oleh siswa; faktor yang menjadi penyebab siswa mengalami kesulitan belajarmembaca, menulis, dan berhitung serta upaya yang dilakukan pihak sekolah dan guru untuk mengatasi masalah kesulitan belajar membaca, menulis, dan berhitung pada siswa kelas I SD Negeri Sokaraja Lor. 

Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Partisipan meliputi kepala sekolah, guru kelas I, siswa berkesulitan belajar, dan orang tua. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumen. Analisis data dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa di kelas 1 terdapat dua siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar membaca, menulis, dan berhitung; faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar membaca, menulis, dan berhitung yaitu berasal dalam diri siswa sendiri yang malas untuk belajar, kurang belajar, dan tidak mempunyai semangat untuk sekolah, faktor lain yaitu berasal dari faktor keluarga yang kurang memperhatikan, mendukung, dan membimbing anaknya dalam belajar; serta upaya yang dilakukan pihak sekolah dan guru yaitu dengan memberikan jam tambahan belajar setelah pulang sekolah dan siswa diminta fotokopi buku berlatih membaca supaya siswa dapat membaca, menulis, dan berhitung lebih baik namun hasil yang didapatkan tetap sama karena tidak adanya kesadaran yang dimiliki siswa agar dapat membaca, menulis, dan berhitung.

Peneliti : ARUNI, NOVIA WAHYU (2019) STUDI KASUS KESULITAN BELAJAR MEMBACA, MENULIS, DAN BERHITUNG PADA SISWA KELAS I SD NEGERI SOKARAJA LOR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

Baca Juga :
--- Gratis PTK ---

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak