Upaya Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Mewujudkan Pembelajaran Efektif di SMP

Gratis PTK

Gratis PTK - Tujuan penelitian ini untuk 1) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Loceret Nganjuk, 2) Mengetahui upaya guru PAI dalam mewujudkan pembelajaran efektif di SMP Negeri 2 Loceret Nganjuk, 3) Mengetahui hambatan dan dukungan guru PAI dalam mewujudkan pembelajaran efektif di SMP Negeri 2 Loceret Nganjuk.

Hasil penelitian menemukan 1) Guru sudah melakukan pembelajaran dengan metode yang bervariasi, memakai fasilitas yang disediakan oleh sekolah meskipun siswa masih kurang aktif dan belum terbiasa menggunakan metode yang baru dan masih terbiasa dengan metode ceramah, 2) Pembelajaran di dalam kelas dengan menggunakan metode lisan yaitu ceramah, tanya jawab, teman sejawat, drill, dan praktek yaitu jigsaw dan demonstrasi. 

Pembelajaran di luar kelas yaitu dengan melakukan praktek sholat dhuha, membaca surat-surat pendek sebelum pembelajran dimulai, khotmil quran, dan ekstra kurikuler majlis tak'lim, 3) Hambatan dari luar kelas yaitu motivasi siswa dan lingkungan rumah yang kurang mendukung, kurang kerjasama antar guru dan pihak sekolah untuk menjadikan pembelajaran efektif, hambatan dari dalam kelas yaitu metode yang tidak tepat dengan materi, tetapi dukungan materi diberikan kepala sekolah dengan membelikan alat-alat praktek dan dukungan moril dari pihak tukang kebun yaitu dengan ikut menjaga dan membersihkan tempat dan alat praktek.

Peneliti : Nurmaliya, Ida (2015) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Mewujudkan Pembelajaran Efektif di SMP Negeri 2 Loceret Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak